Zona Euro Dipaksa Disiplin Anggaran

KEUANGAN NEGARA

Sumber: Harian KOMPAS, Kamis, 20 Mei 2010 | 04:02 WIB http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/05/20/0402390/zona.euro.dipaksa.disiplin.anggaran..

FRANKFURT, Rabu - Jerman menginginkan 16 negara anggota zona euro untuk memperlihatkan rancangan anggaran negara ke Bank Sentral Eropa atau lembaga independen lain. Ini bertujuan untuk membuat pemerintahan di zona euro disiplin soal anggaran negara.
Defisit anggaran melebihi batas 3 persen dari produksi domestik bruto (PDB) dan komposisi utang negara lebih dari 60 persen dari PDB di zona euro membuat kawasan diharu biru krisis utang dan krisis mata uang.
Demikian salah satu dokumen yang didapatkan harian Handelsblatt di Frankfurt, Jerman, Rabu (19/5). Kanselir Jerman Angela Merkel dan Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble menginginkan penundaan pencairan dana struktural dari Uni Eropa ke negara yang tidak menaati target penurunan defisit anggaran. Jerman juga mengusulkan penundaan hak suara dari negara yang melanggar aturan anggaran.
”Program stabilitas untuk zona euro akan diminta melakukan uji independen oleh ECB atau kelompok riset independen. Dalam hal apa pun, tanggung jawab parlemen nasional terhadap anggaran mereka haruslah dihormati,” demikian harian itu.

Usulan


Pekan lalu, Komisi Eropa mengajukan usulan bahwa anggota Uni Eropa harus memberikan rancangan anggaran negara untuk dilihat dan dinilai mulai tahun 2011 sebelum disetujui parlemen. Idenya sudah dipelajari oleh para menteri keuangan dari beberapa negara, tetapi mendapat kritik pedas dari beberapa negara. Menteri Keuangan Jerman
Wolfgang Schaeuble mengatakan, hal ini dijalankan di Jerman secara bertahap mulai tahun 2016.
Para menteri keuangan Uni Eropa yang terimpit masalah utang akan bertemu lagi di Brussels pekan ini untuk memerinci dana stabilisasi sebesar 750 miliar euro atau 1 triliun dollar AS yang telah disetujui oleh Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF).
Paket itu disetujui pada saat pembicaraan darurat Uni Eropa pekan lalu. Paket itu merupakan dana darurat dan penjamin pinjaman yang diambil negara anggota Uni Eropa jika akses terhadap pasar uang tertutup, seperti dialami Yunani.
Kredibel
Para menteri keuangan juga akan memperluas reformasi ekonomi serta reformasi fiskal pada tataran Eropa untuk jangka waktu yang lebih lama.
Mereka juga sepakat harus bisa kembali membangkitkan kepercayaan para pelaku pasar terhadap perekonomian Eropa. ”Sangat penting untuk menimbulkan kembali kepercayaan di pasar, itulah sebabnya mengapa kita mendiskusikan konsolidasi fiskal,” ujar Komisioner Ekonomi dan Moneter Olli Rehn.
Para menteri zona euro juga membela bahwa mata uang mereka adalah mata uang yang dapat dipercaya walaupun nilai tukarnya terus melemah belakangan ini.
Jean-Claude Juncker, Menteri Keuangan Luksemburg, yang memimpin pertemuan di antara para menteri keuangan, mengatakan, mereka semua akan meyakinkan para investor.
”Kami yakin euro adalah mata uang yang kredibel. Stabilitas harga telah berhasil dipertahankan dalam 11 tahun digunakannya euro sebagai mata uang bersama,” ujarnya seraya membacakan pernyataan bersama setelah pertemuan menteri keuangan 16 negara Eropa itu. (AP/AFP/Reuters/joe)

by Yus Ruslan Achmad. No Comments
Leave a Comment

About this blog